Apa itu pertambangan

dropfast.net– Penambangan adalah proses di mana jaringan komputer khusus menghasilkan dan melepaskan bitcoin baru dan memverifikasi transaksi baru.

Penambangan adalah proses yang digunakan Bitcoin dan beberapa cryptocurrency lainnya untuk menghasilkan koin baru dan memverifikasi transaksi baru.

Ini melibatkan jaringan komputer yang luas dan terdesentralisasi di seluruh dunia yang memverifikasi dan mengamankan blockchain – buku besar virtual yang mendokumentasikan transaksi cryptocurrency.

Sebagai imbalan untuk menyumbangkan kekuatan pemrosesan mereka, Komputer di jaringan dihargai dengan koin baru. Ini adalah lingkaran yang baik: para penambang memelihara dan mengamankan blockchain, blockchain memberikan koin, koin memberikan insentif bagi para penambang untuk mempertahankan blockchain.

Bagaimana cara kerja penambangan.

Apa itu pertambangan
Apa itu pertambangan


Ada tiga cara utama untuk mendapatkan bitcoin dan cryptocurrency lainnya. Anda dapat membelinya di bursa seperti Coinbase, menerimanya sebagai pembayaran untuk barang atau jasa, atau secara virtual “menambang” mereka. Ini adalah kategori ketiga yang kami jelaskan di sini, menggunakan Bitcoin sebagai contoh kami.

Kalian mungkin telah mempertimbangkan untuk mencoba penambangan bitcoin sendiri. Satu dekade yang lalu, siapa pun dengan komputer rumah yang layak dapat berpartisipasi.

Tetapi ketika blockchain telah berkembang, daya komputasi yang diperlukan untuk mempertahankannya telah meningkat. Pada Oktober 2019, dibutuhkan daya komputasi 12 triliun kali lebih banyak untuk menambang satu bitcoin daripada ketika blok pertama pertama kali ditambang pada Januari 2009.)

Akibatnya, penambangan Bitcoin amatir tidak mungkin menguntungkan bagi para penggemar akhir-akhir ini. Hampir semua penambangan sekarang dilakukan oleh perusahaan khusus atau kelompok orang yang menyatukan sumber daya mereka. Tapi masih bagus untuk mengetahui cara kerjanya.

Komputer khusus melakukan perhitungan yang diperlukan untuk memverifikasi dan mencatat setiap transaksi bitcoin baru dan memastikan bahwa blockchain aman. Memverifikasi blockchain membutuhkan sejumlah besar daya komputasi, yang disumbangkan oleh penambang secara sukarela.

Penambangan Bitcoin sangat mirip dengan menjalankan pusat data yang besar. Perusahaan membeli perangkat keras pertambangan dan membayar listrik yang dibutuhkan agar tetap berjalan (dan sejuk). Agar ini menguntungkan, nilai koin yang diperoleh harus lebih tinggi daripada biaya penambangan koin tersebut.

Apa yang memotivasi penambang? Jaringan memegang lotere. Setiap komputer di jaringan berlomba untuk menjadi yang pertama menebak angka heksadesimal 64 digit yang dikenal sebagai “hash.”Semakin cepat komputer dapat meludahkan tebakan, semakin besar kemungkinan penambang mendapatkan hadiah.

Pemenang memperbarui buku besar blockchain dengan semua transaksi yang baru. Diverifikasi – sehingga menambahkan “blok” yang baru diverifikasi yang berisi semua transaksi tersebut ke rantai – dan diberikan sejumlah bitcoin yang baru dicetak. (Rata-rata, ini terjadi setiap sepuluh menit.) Pada akhir tahun 2020, hadiahnya adalah 6,25 Bitcoin – tetapi akan dibelah dua pada tahun 2024, dan setiap empat tahun setelahnya. Bahkan, ketika kesulitan penambangan meningkat, hadiah akan terus berkurang sampai Tidak Ada Lagi Bitcoin yang tersisa untuk ditambang.

Hanya akan ada 21 juta bitcoin. Blok terakhir secara teoritis harus ditambang pada tahun 2140. Sejak saat itu, penambang tidak akan lagi bergantung pada Bitcoin yang baru dikeluarkan sebagai hadiah, tetapi akan bergantung pada biaya yang mereka kenakan untuk melakukan transaksi.

Mengapa pertambangan penting?

Apa itu pertambangan
Apa itu pertambangan

Selain melepaskan koin baru ke dalam sirkulasi, penambangan adalah pusat keamanan Bitcoin (dan banyak cryptocurrency lainnya). Ini memverifikasi dan mengamankan blockchain, yang memungkinkan cryptocurrency berfungsi sebagai jaringan desentralisasi peer-to-peer tanpa perlu pengawasan dari pihak ketiga. Dan itu menciptakan insentif bagi penambang untuk menyumbangkan daya komputasi mereka ke jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.