Jenis-Jenis Investasi Yang Terlebih Dahulu Harus Di Ketahui Investor Pemula

dropfast.net Jenis-Jenis Investasi Yang Terlebih Dahulu Harus Di Ketahui Investor Pemula. Jumpa kembali pada informasi terbaru yang akan saya berikan.

Pada kesempatan kai ini saya akan memberikan informasi menarik. Yang belum banyak di ketahui oleh para investor pemula.

Kali ini saya akan memberikan informasi mengenai, jenis-jenis investasi yang wajib di ketahui oleh para investor pemula sebelum berinvestasi.

Nah oleh dari itu, bagi anda yang memang saat ini tengah ingin melakukan investasi. Saya sarankan untuk menyimak informasi yang akan saya berikan pada kali ini sampai bawah.

Karena sebelum melanjutkan kesebuah investasi tertentu. Anda harus memahami terlebih dahulu jenis-jenis investasi yang memang di sarankan untuk pemula.

Jenis-Jenis Investasi

Jenis-Jenis Investasi Yang Terlebih Dahulu Harus Di Ketahui Investor Pemula
Jenis-Jenis Investasi Yang Terlebih Dahulu Harus Di Ketahui Investor Pemula

Nah sebelum kita melanjutkan membahas seputar jenis-jenis investasi, Terlebih dahulu harus anda ketahui atau pahami apa itu investasi.

Investasi merupakan sebuah kegiatan menyimpan sebuah dana pada sebuah aset atau lebih banyak aset. Dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan sebuah nilai.

Jika di sederhanakan investasi adalah salah satu alat, yang saat ini banyak sekali orang pakai, agar dapat mencapai tujuan keuangan lebih besar.

Memang pada dasarnya tujuan keuangan seseorng berbeda-beda tidak bisa untuk kita sama ratakan, kali ini saya akan memberikan sbeuah contoh sederhana.

Ada seseorng yang saat ini tengah berusia 20 tahun, tentu di usia segitu trngah mempunyai rencana untuk kelangsungan hidupnya atau masa depannya.

Investasi tentunya beragam, memiliki jangka yang berbeda. Mulai dari jangka panjang, menengah, dan ada juga jenis investasi jangka pendek. Nah berbeda jangka waktu tentu memiliki setrategi yang berbeda pula.

Jenis Investasi Berdasarkan Jangka

  • Investasi Jangka Pendek

Investai jangka pendek merupakan sebuah investasi yang berlangsung antara kurang dari satu tahun atau, hingga sampai tiga tahun saja.

Contohnya, ada seorang yang tengah menginjak usia 20 tahun, berniat untuk melangsungkan pernikahannya 3 tahun kedepan. Maka dia akan membutuhkan dana cepat untuk memeriahkan pernikahannya tersebut.

Nah agar dapat mengejar target yang ia butuhkan, maka orang tersebut di sarankan untuk berinvestasi pada instrumen rendah resiko, bisa di artikan memiliki flukasi nilai yang stabil.

Dalam investasi instrumen tersebut juga mudah dikonversikan dalam bentuk cash dan juga bisa di jadikan penghasilan tetap. Instrumen yang saat ini di sarankan salah satunya adalah deposito, reksadana pasar uang, atau surat utang negara jangka pendek.

  • Investasi Jangka Menengah

Nah investasi jangka menengah yang satu ini di sarankan untuk orang yang memiliki tujuan finansial antara 3 sampai 10 tahun, nah ini merupakan salah satu investas jangka menengah.

Di ibaratkan saja ada seseorang yang bernama rasyid yang akan akan mendaptarkan seorang putranya ke sebuah universitas ternama di bandung. Maka bapak rasyid ini harus memiliki sebuah dana yang besar untuk melakukan pembayaran uang pangkal serta semester 1.

Tentunya dana yang saat ini tengah di butuhkan bapak rasyid di atas lima tahun. Maka bapak rasyid bisa memilih untuk melakukan instrumen dengan resiko sedikit lebih tinggi dari deposito, reksadana pasar uang, atau juga bisa surat utang negara dengan sebuah harapan bisa mendapatkan imbalan yang besar.

Yang saat ini tengah di bahs merupakan sebuah reksadana yang tetap (Obligasi), sebuah obligasi swasta atau reksadana campuran.

  • Investasi Jangka Panjang

Nah investsi jangka panjang yang saat ini saya sarankan untuk anda yang memiliki tujuan investasi di atas 10 tahun kedepan.

Jenis investasi jangka panjang ini bisa anda pakai untuk tujuan pesta pernikahan, pembelian aset-aset untuk anak ataupun cucu dan juga biaya sekolah anak.

Semakin panjang jenis investasi, maka tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan juga sebuah imbalan yang begitu besar nantinya.

Nah berikut ini beberapa instrumen yang dapat anda pilih, jika saja ingin mencoba untuk investasi jangka panjang, salah satunya. Logam mulia, reksadana saham, saham, dan juga properti.

Cara Untuk Berinvestasi

Memang cara untuk berinvestasi tidaklah nampak sulit. Apalagi di era di gital seperti saat ini, Untuk mendapatkan instrumen investasi atau riset pasar begitu mudah untuk di dapatkan. Tetapi memang investasi tidak bisa di lakukan dnegan sembarangan.

Adapun di bawah ini beberapa cara investasi yang harus anda lakukan untuk bisa mewujudkan tujuan keuangan yang anda inginkan.

  • Pastikan Anda Sehat Secara Finansial
  • Tentukan Tujuan Investasi
  • Kenali Profil Risiko Terlebih Dahulu
  • Kenali Risiko Sistematis Dan Non-Sistematis Investasi

Nah mungkin itu sebagian cara yang harus anda ketahui sebelum untuk melanjutkan investasi yang anda inginkan dan impikan untuk masa depan.

Akhir Kata

Mungkin hanya sebuah ulasan yang singkat yang dapat saya berikan pada kali ini ini mengenai. Jenis-jens investasi,cara untuk berinvestasi serta pengertian investasi.

Jika ada informasi lainnya yang sampai saat ini masih belum anda ketahui seputar investasi. Jangan segan untuk mempertanyakannya kepada saya, sebisamungkin saya akan memberikan informasi terbaik untuk anda semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.